Algoritma
1
(Pertemuan 2)
Tipe
Data
Tipe
data dasar,
yang sering dipakai oleh program, meliputi: integer(bilangan bulat), real
(bilangan pecahan), char
(alphanumerik dan tanda baca), dan
boolean (logika).
Ø Integer
Ø Integer
·
Merupakan tipe data
yang digunakan untuk menyatakan bilangan bulat
·
Tidak memuat bilangan
pecahan
·
Dalam tipe data ini
tidak diperkenankan menggunakan karakter koma antar dua bilangan.
Jenis-jenis
Tipe Integer
Tipe
|
Batas
nilai
|
Shortint
|
-128
s/d 127
|
Integer
|
-32768
s/d 32767
|
Longint
|
-2147483648
s/d 2147483647
|
Byte
|
0
s/d 255
|
Word
|
0
s/d 65535
|
Operator
Pada Tipe Integer
Operator
|
Arti
|
Contoh
|
+
|
Penjumlahan
|
13
+ 4 = 17
|
-
|
Pengurangan
|
13
– 4 = 9
|
*
|
Perkalian
|
13
* 4 = 52
|
DIV
|
Hasil
Pembagian Bulat
|
13
DIV 4 = 3
|
MOD
|
Sisa
Hasil Pembagian
|
13
MOD 4 = 1
|
Ø Real
·
Penulisan untuk jenis
data ini selalu menggunakan titik desimal.
·
Nilai konstanta numerik
real berkisar dari 1E-38 sampai dengan 1E+38 dengan mantissa yang signifikan
sampai dengan 11 digit.
·
E menunjukkan nilai 10
pangkat. Nilai konstanta numerik real menempati memori sebesar 6 byte.
Tipe
Bilangan Pecahan
Tipe
|
Jangkauan
|
Digit
|
Ukuran
|
Single
|
1,5E-45
.. 3,4E+38
|
7-8
|
4
byte
|
Real
|
2,9E-39
.. 1,7E+38
|
11-12
|
6
byte
|
Double
|
5,0E-324..1,7E+308
|
15-16
|
8
byte
|
Extended
|
1,9E-4951..1,1E+4932
|
19-20
|
10
byte
|
Comp
|
9,2E-18
.. 9,2E+18
|
19-20
|
8
byte
|
Ø Char
·
Tipe data ini menyimpan
karakter yang diketikkan dari keyboard
- Memiliki 266 macam yang terdapat dalam tabel ASCII (American Standard Code for Information Interchange)
- Contoh: 'a', 'B', '+', dsb (semua symbol yang ada pada keyboard)
- Dalam menuliskannya harus dengan memakai tanda kutip tunggal.
·
Jenis data ini
memerlukan alokasi memori sebesar 1(satu) byte untuk masing-masing data.
Ø Boolean
·
Tipe data logika
·
Berisi dua kemungkinan nilai: TRUE (benar) atau FALSE
(salah).
·
Operator untuk jenis
data ini adalah :
o Logical
Operator, yaitu : NOT, AND dan OR
o Relational
Operator, yaitu : >, <, >=, <=, <> dan =
Tabel
Kebenaran :
A
|
Not A
|
True
|
False
|
False
|
True
|
A
|
B
|
A and B
|
A or B
|
A xor B
|
True
|
True
|
True
|
True
|
False
|
True
|
False
|
False
|
True
|
True
|
False
|
True
|
False
|
True
|
True
|
False
|
False
|
False
|
False
|
False
|
Tipe data bentukan,
dibentuk dari beberapa elemen yang bertipe dasar. Tipe bentukan seringkali
disebut juga tipe terstruktur. Ada dua macam, yaitu : string dan record.
Ø String
·
Deretan karakter dengan
panjang tertentu (max. 255)
·
Semua tetapan string harus
diapit oleh tanda petik tunggal
·
Contoh : ‘JAKARTA’,
‘Jurusan Teknik Informatika’, dll.
·
String yang disusun
oleh gabungan numerik dan karakter sering dinamakan alfanumerik. Contoh : ‘K7685302’,
‘D5432AB’, dll.
Ø Record
·
Sebuah record (rekaman)
disusun dari beberapa tipe data dasar atau tipe bentukan lain
·
Contoh :
Didefinisikan tipe
bentukan yang menyatakan data mahasiswa. Data mahasiswa terdiri dari NPM, Nama
dan Usia. Misalnya tipe bentukan ini dinamakan MHS.
Type
MHS : record<NPM : integer, nama : string, usia : integer>
Jika dideklarasikan M
adalah peubah bertipe MHS, maka cara mengacu tiap field pada record M adalah :
M.NPM
M.Nama
M.Usia
Variabel
ü Suatu
lokasi memori komputer yang digunakan untuk menampung dan menyimpan data yang
akan diolah.
ü Tipe
data variabel ditentukan oleh jenis data yang akan disimpan
ü Penamaan
bersifat è
UNIK
ü Aturan
penulisan :
·
Diawali dengan huruf
·
Penulisan harus diikuti
dengan Tipe Data
·
Panjangnya bebas
·
Tidak boleh menggunakan
spasi
Konstanta
ü Besaran
yang mempunyai nilai tetap selama program dijalankan.
ü Pemberian
nilai yang akan disimpan dalam sebuah konstanta dilakukan diawal program
ü Selama
program dijalankan nilainya tidak bisa diubah.
ü Notasi
è
const
Ekspresi
ü Pernyataan
yang mentransformasikan nilai menjadi keluaran yang diinginkan melalui proses
perhitungan (komputasi)
ü Ekpresi
terdiri dari operand dan operator.
ü Ekspresi
aritmatika adalah ekspresi yang melibatkan operand bertipe numerik dan
menghasilkan nilai bertipe numerik.
ü Ekspresi
relasional adalah ekspresi dengan operator <, <=, >, >=, =,
<>. Hasil ekspresinya selalu bertipe boolean.
Operator
ü Operator
Aritmatika
Pangkat,
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian real,
Operator
|
Operasi
|
Tipe operand
|
Tipe hasil
|
*
|
Perkalian
|
real,real
integer,integer
real,integer
|
real
integer
real
|
DIV
|
Pembagian bulat
|
integer,integer
|
integer
|
/
|
Pembagian real
|
real,real
integer,integer
real,integer
|
real
real
real
|
MOD
|
Sisa pembagian
|
integer,integer
|
integer
|
+
|
Pertambahan
|
real,real
integer,integer
real,integer
|
real
integer
real
|
-
|
pengurangan
|
real,real
integer,integer
real,real
|
real
integer
real
|
ü Operator
Relasi
·
Contoh : =, <>,
<, >, <=, >=
ü Operator
Logika
Operator
|
Operasi
|
Tipe Operand
|
Tipe Hasil
|
Not
|
Ingkaran bit
|
Integer
|
Integer
|
And
|
Logika and bit
|
Integer
|
Integer
|
Or
|
Logika or bit
|
Integer
|
Integer
|
Xor
|
Logika xor bit
|
Integer
|
Integer
|
Casinos in South Africa - JTHub
BalasHapusCasinos in South 여수 출장샵 Africa - JTHub › › South Africa Casinos in South Africa · South Africa · Lucky Eagle Casino · 상주 출장안마 Wild Casino · Bally's · Lucky Creek 남원 출장안마 Casino 경기도 출장마사지 · 삼척 출장안마 Casino at Bally's · Slots of Vegas.